Kamis, 24 Maret 2016

Kenapa Harus Tahajjud?

Bismillahirrahmanirrahim

Jika ditanya kenapa harus tahajjud? Jawaban sudah pasti karena itu perintah Allah swt. Sholat ini juga merupakan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu. Jika kamu cinta sama Allah swt. pastinya kamu akan menjalankan apa yang diperintahkanNYA.

"Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdo'a), pasti akan Kukabulkan, adakah orang-orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu Shubuh." (Al Hadits).

Tidak hanya itu guys. Sholat tahajjud memiliki keistimewaan. Hal ini ditunjukkan dari bayaknya kelebihan dan keajaiban yang kita peroleh jika kita melakukan sholat tahajjud. Keajaiban ini di catat dalam Al-Qur’an dan juga As-sunnah. Jadi tak perlu ragu akan asal-mu-asal keajaiban sholat tahajjud. Lalu Apa dong ajaibnhya? Wah, ada yang ga’ sabar nih, kalau gitu segera ke TKP.

Keajaiban sholat tahajjud

1. Bersama dengan Rasulullah di Surga

Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah Saw dan para sahabat selalu melaksanakan shalat tahajud. Oleh karenanya, jika kita sholat tahajjud artinya mengikuti apa yang dikerjakan oleh Rasulullah saw.

“Siapa yang menghidupkan sunnahku, berarti dia mencintaiku. Dan siapa yang mencintaiku, maka ia akan bersamaku di surge” (HR. at-Tirmidzi)

2. Menjadi Manusia Pilihan

“(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu- waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan

rahmat Tuhannya? Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang- orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” (QS.Az Zumar : 9)

3. Allah Kagum lho sama Kita

“Wahai malaikatku, lihatlah hambaku yang bangun dari tempat tidurnya. Meninggalkan keluarga dan yang dikasihinya untuk melakukan sholat malam karena rindu akan apa yang ada sisi-Ku” (HR Ahmad)

4. Tiket Masuk Surga

Mengerjakan sholat malam adalah salah satu tiket masuk ke surga. Abdullah Ibn Muslin berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

5. Penolong di Akhirat

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)

6. Pembersih penyakit

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)

7. Sarana Meraih Kemuliaan

Rasulullah Saw bersabda, “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi)

8. Mendapat ramhat Allah swt.

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Semoga Allah merahmati laki- laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dna membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)

9. Dikabulkannya Doa

Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat tahajud

dengan ikhlas. Rasulullah Saw Bersabda, “Dari Jabir berkata, bahwa nabi Saw bersabda,

“Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)

10. Penghapus dosa dan kesalahan

Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)

11. Mendapat tempat terpuji

Allah berfirman, “Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

12. Melepaskan ikatan syetan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa.”

13. Waktu utama berdoa

Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”, Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalatwaktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)” (HR. Abu Daud)

14. Sehatkan Jasmani

“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sbelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi)

15. Sehatkan Rohani

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang shalat tahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakaat.

Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang- orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)

Sekarang udah pada tahu kan kelebihan-kelebihan dari sholat tahajjud. Jadi gimana sobat? Hah, Masih mikir? Hmm.. Sebenarnya ngga cuma itu aja. Masih ada lagi nih keutamaan sholat tahajjud.

Dari Sayidina Umar Ibnu Khattab, Nabi s.a.w bersabda “Barang siapa mengerjakan sholat di waktu malam (tahajjud) serta membaguskan sholatnya , maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat”

Apakah kemuliaan itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)